Lowongan CPNS Kemenko Polhukam

Lowongan CPNS Kemenko Polhukam - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (disingkat Kemenko Polhukam) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi perencanaan dan penyusunan kebijakan, serta sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang politik, hukum, dan keamanan. 

Kemenkopolhukam dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang sejak tanggal 12 Agustus 2015 dijabat oleh Luhut Binsar Panjaitan. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyinkronkan dan mengkoordinasikan perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang politik, hukum, dan keamanan. Dalam melaksanakan tugas, Kementerian Koordinator Bidang 

Politik, Hukum, dan Keamanan menyelenggarakan fungsi:
  • Sinkronisasi perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang politik, hukum, dan keamanan;
  • Koordinasi perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang politik, hukum, dan keamanan;
  • Pengendalian penyelenggaraan urusan kementerian sebagaimana dimaksud pada dua poin di atas;
  • Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan;
  • Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan; dan pelaksanaan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden.
Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia memerika 
kesempatan kepada warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 
untuk posisi :

Lowongan CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan September 2017

Jabatan :

  • Analis Politik, Hukum, dan Keamanan
    • S-1 Hukum/Sosial dan Politik/Politik Ketahanan Nasional/llmu Pemerintahan/llmu Politik (5)
  • Analis Kebijakan Ahli Pertama
    • S-1 Administrasi Negara/Administrasi Publik (2)
    • S-1 Hubungan lnternasional (2)
    • S-1 Hukum (2)
    • S-1 Sosial dan Politik/llmu Pemerintahan/llmu Politik (2)
    • S-1 Komunikasi (1)
  • Analis SOM Aparatur
    • S-1 Manajemen SDM/Administrasi Negara/Administrasi Publik/Psikoloai (2)
  • Analis Kepegawaian Ahli Pertarna
    • S-1 Manajemen SDM/Administrasi Negara/Administrasi Publik/PsikoloQi (1)
  • Perawat Terampil
    • D-111 Perawat (1)
  • Analis Peraturan Perundang- Undangan dan Rancangan  Peraturan PerundanQ-undangan
    • S-1 Hukum (1)
  • Pranata Humas Ahli Pertama
    • S-1/Komunikasi (1)
  • Pranata Komputer Ahli Pertama
    • S-1 Sistem lnformasi (2)
  • Analis Bidang Pengawasan
    • S-1 Akuntansi (1)
  • Analis Kelembagaan
    • S-1 Administrasi Negara/Administrasi Publik (1)
  • Arsioaris Terampil
    • D-111 Kearsioan (1)

Persyaratan Kerja :

  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNl/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Galon Pegawai Negeri Sipilatau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNIanggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadianggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau se1en1snya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Bagi Wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  11. Pelamar merupakan lulusan :
    • Sarjana/S-1 dengan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.0 (Tiga koma nol) yang memiliki akreditasi lulusan dari Perguruan  Tinggi  Negeri/Swasta  cjpn program studi oleh Sadan Akreditasi Nasional  Perguruan  Tinggi  (BAN-PT) minimal "B", diutamakan yang terakreditasi "A".
    • Diploma lll/D-111, dengan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 2,75 (Dua koma tujuh lima) yang memiliki akreditasi lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan program studi oleh Sadan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) minimal "B", diutamakan yang terakreditasi "A".
    • Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri, pada ijazah/trans krip nilai dilengkapi dengan surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  12. Usia minimal 18 tahun pada tanggal 1 September 2017 dan maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2017.

Tata Cara Pendaftaran :

  • Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI di Jakarta, diketik mengunakan Komputer, bermaterai Rp. 6000,­ dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran dapat diunduh dilaman : https:/l sscn.bkn.go.id ).
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • ljazah dan Transkrip Nilai ljazah asli.
  • Surat Pernyataan harus diketik menggunakan komputer,  bermaterai  Rp. 6000,­ dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh dilaman : https:l/sscn.bkn .go.id )
  • Surat pernyataan "Kebenaran Dokumen" diketik menggunakan Komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat Pernyataan dapat diunduh dilaman: https:llsscn.bkn.go.id).
  • Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar).
  • Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : https:/lsscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada
  • Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 September 2017 s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIS).
  • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman : https:l/sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 2 Oktober 2017 s.d. 4 Oktober 2017.

Tahapan Seleksi :

  • Seleksi Administrasi :
    • Verifikasi dokumen lamaran yang diterima dari portal resmi sscn.bkn.go.id
    • Verifikasi dokumen (ijasah, transkrip nilai, KTP)
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40°/o.
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60°/o yang terdiri dari :
    • Psikotest dengan bobot 50o/o.
    • Wawancara dengan bobot 50%.

Sistem Kelulusan

  • Kelulusan seleksi administrasi berdasarkan hasil Verifikasi dokumen yang telah diunggah    dan akan    diumumkan    oleh     panitia     pada     laman https://www .polkam.go.id/pengumuman-cpns/. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscn.bkn.go. id.
  • Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan.
  • Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Lain-lain :

  1. Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website pada tanggal 5 September 2017 s.d. 19 September 2017.
  2. Tempat Pelaksanaan tahapan seleksi :
    • Seleksi  Kompetensi  Dasar  (SKD) dilaksanakan  di Gedung  Computer Assisted Test (CAT) Sadan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta Timur
    • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan di Kantor Kemenko Polhukam JI.Medan Merdeka Barat No.15 Jakarta Pusat
  3. Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
  4. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat.
  5. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan Kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kemenko Polhukam, apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya.
  6. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai/tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  7. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
  8. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.

Sumber https://goo.gl/HK9hqm
SHARE KE TEMANMU

lowongan TERBARU

Bergabunglah bersama kami
Untuk mendapatkan Update Informasi
Lowongan Kerja Terbaru